Perkumpulan Kelompok Tani “SENGKUT TANI” Desa Tlogomojo

Tlogomojo, 1 Oktober 2021. Perkumpulan Kelompok Tani “SENGKUT TANI” Desa Tlogomojo dihadiri oleh Bapak-bapak yang mempunyai lahan sawah pertanian (petani) kurang lebih sebanyak 30 orang. Kegiatan ini dilakukan setiap malam Sabtu Legi setelah Isya’ bertempat di Balai Perkumpulan Kelompok Tani. Dalam perkumpulan kali ini diadakan sosialisasi mengenai Pupuk Organik Granule Nasa Organindo. Manfaat pupuk ini diantaranya  yaitu:

  1. Memperbaiki lahan-lahan yang rusak: meningkatkan kesuburan fisik dengan memperbaiki tanah yang keras berangsur-angsur menjadi gembur.
  2. Meningkatkan kesuburan khemis : memberikan semua jenis unsur makro, unsur mikro, enzim dan ZPT yang dibutuhkan bagi tanaman.
  3. Meningkatkan kesuburan biologis : membantu perkembangan mikroorganisme tanah yang bermanfaat bagi tanaman.
  4. Mengurangi jumlah penggunaan pupuk NPK ( Urea, TSP dan KCl ) sebesar + 50%. Meningkatkan kuantitas dan kualitas produksi tanaman.
  5. Melarutkan sisa-sisa pupuk kimia dalam tanah, sehingga dapat dimanfaatkan tanaman kembali. Memacu pertumbuhan tanaman, merangsang pembungaan dan pembuahan serta mengurangi kerontokan bunga dan buah.
  6. Meningkatkan daya tahan tanaman karena kecukupan nutrisi yang dibutuhkan.

Sedangkan cara memakai pupuk ini yaitu:

  1. Disebarkan merata ke lahan bersama pupuk makro sebagai pupuk dasar sebelum tanam dan 30 hari setelah tanam untuk tanaman pangan.
  2. Disebarkan dalam barisan tanaman atau sekitar lubang tanam di awal tanam untuk tanaman sayuran daun/buah.
  3. Disebarkan (dibenamkan ke dalam tanah + 10 cm lebih efektif) melingkar selebar lingkaran tajuk tanaman untuk tanaman buah-buahan, perkebunan dan kehutanan.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan