KKN-IK IAIN Kudus mendukung pemasaran produk lokal

IAIN Kudus melaksanakan Kuliah Kerja Nyata Terintregasi Kompetensi (KKN-IK) di Desa Tlogomojo Kecamatan Batangan  Kabupaten Pati pada Senin (6/9/2021). Pelaksanaan KKN-IK akan dilaksanakan mulai tanggal 6 September 2021 sd 6 Oktober 2021 oleh 2 orang mahasiswi yaitu Yuli Rohmawati dan Nurul Hidayah. Yuli dan Nurul adalah dua orang mahasiswi IAIN Kudus yang ditugaskan untuk KKN-IK di desanya sendiri. Mereka berdua memang warga desa ini.

KKN-IK kali ini mengusung tema “Pemberdayaan Potensi Desa Berbasis Moderasi Beragama”. Maksud tema ini bahwa seluruh kegiatan KKN-IK diarahkan pada pemberdayaan dan pengembangan segenap potensi yang dimiliki oleh desa yang menjadi lokasi kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN), mencakup potensi ekonomi, sosio-kultural, dan keagamaan. “kami akan membuat profil 13 UMKM yang ada di desa Tlogomojo ini website desa” ungkap Yuli, salah seorang mahasiswi tersebut.

Mereka berdua akan melengkapi kekurangan yang ada di website desa seperti membuat profil usaha UMKM, melengkapi profil lembaga-lembaga desa mulai dari karang taruna, BPD, PKK, LKMD, membuat grafis kependudukan dan sejarah desa. Untuk semua itu mereka telah meminta izin dan berkoordinasi dengan kepala desa Bapak Khoirul Anwar, Ibu Sekdes Eny S dan pendamping desa kecamatan Batangan.

Untuk pembuatan profil UMKM direncanakan sebanyak 13 yang merupakan usaha-usaha yang ada di Desa Tlogomojo. Di profil tersebut juga akan menjelaskan produk-produk apa saja yang diproduksi dan ada kontak personnya. Diharapkan dengan mencantumkan produk, harga dan kontak bisa membantu pemasaran produk tersebut di website desa. Kalau produk dikenalkan dan diipasarkan di website desa akan membuat orang yang membaca percaya bahwa produk tersebut benar ada dan nyata karena dipasarkan di website resmi pemerintah desa.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan